Listrik merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, sayangnya masih banyak yang belum paham bagaimana cara cek tagihan listrik pascabayar. Padahal pengetahuan ini sangat penting dan harus dipahami oleh masyarakat sebagai pengguna listrik aktif. Yang menerima tagihan listrik setiap bulannya.

Cara cek tagihan listrik pascabayar via offline

Ada dua cara mengecek tagihan listrik yang bisa Anda terapkan. Pertama adalah cek tagihan via offline atau cek secara online. Jika Anda tertarik cek secara offline ikuti tutorial berikut ini:

  1. Hubungi CS PLN by Phone

cara cek tagihan listrik pascabayarAnda yang ingin mendapatkan informasi lebih cepat bisa menghubungi layanan costumer service dengan nomor 123. Contohnya jika Anda tinggal di DKI Jakarta, maka nomor yang harus dihubungi adalah 021 123.

Operator PLN bertugas selama 24 jam. Anda bisa menghubunginya kapan saja selama pulsa Anda mencukupi. Maka sebelum melakukan panggilan by phone pastikan pulsa Anda benar-benar mencukupi.

Setelah sambungan diterima CS, sampaikan kepentingan Anda.  Jangan lupa siapkan notes untuk mencatat informasi tagihan listrik apalagi jika tagihan yang Anda tanyakan lebih dari satu nomor ID.

  1. Kirimkan Pesan Singkat Pada PLN

Jika pulsa Anda tidak mencukupi untuk melakukan panggilan telepon yang cukup lama pada PLN. Lakukan opsi berikutnya dengan mengirimkan pesan singkat. Kirimkan pesan singkat dengan format REK spasi No.ID dan kirimkan ke 8123.

Sementara untuk cek tagihan secara berkala, Anda bisa menggunakan format pesan yang berbeda. Yakni PLN spasi ON spasi No.ID juga kirimkan pesan singkat tersebut ke 8123.

Setelah Anda mengirimkan format pesan ini, informasi tagihan listrik akan masuk secara berkala. Perlu diperhatikan layanan ini mengenakan biaya Rp 500/SMS. Jika ingin berhenti berlangganan ubah format ON menjadi OFF.

Cara cek tagihan listrik melalui situs online

Bagi yang lebih suka cek tagihan listrik secara online, bisa memanfaatkan aplikasi atau situs online. Cara ini jauh lebih terjangkau dan efisien. Anda tidak perlu menyediakan pulsa cukup gunakan kuota data atau WiFi.

  1. Cek Tagihan Prabayar

Format tutorial pengecekan tagihan listrik prabayar sedikit berbeda dengan tagihan pascabayar. Tertarik untuk mencoba cara ini? Simak prosedur berikut ini:

  • Setelah berhasil mengakses situs jual beli token listriknya. Silahkan lanjutkan dengan input nomor ponsel¬† Anda yang masih valid berikut ID pelanggan. Pastikan tidak ada nomor yang salah ketik karena proses pembelian token tidak akan diproses oleh sistem.
  • Di situs umumnya tersedia beragam nominal token yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Mulai Rp 20.000 hingga jumlah token terbesar Rp 1 juta.
  • Setelah memutuskan membeli token dengan jumlah tertentu, klik lanjutkan. Otomatis sistem situs akan membawa Anda pada halaman pembayaran. Lunasi segera pembayarannya agar token listrik bisa langsung diaktifkan.
  1. Cek Tagihan Pascabayar

Bayar tagihan listrik pascabayar sejauh ini paling mudah dilakukan via daring. Sebelum bayar, cek terlebih dahulu jumlah tagihannya dengan mengikuti catatan berikut:

  • Buka situs hotelmurah.com dan pilih menu pascabayar.
  • Isi formulir ID pelanggan serta nomor ponsel untuk memproses berapa jumlah tagihan listrik pascabayar.
  • Sistem akan memproses dan menampilkan jumlah tagihan listrik Anda. Jika Anda ingin meneruskan pembayaran, silahkan klik bayar. Atau screen shoot tagihan tersebut sebagai pengingat.
READ  Layanan PLN Pascabayar dan Layanan PLN Prabayar

Sangat mudah dan cepat, entah beli token prabayar atau bayar tagihan pascabayar. Agar pengalaman Anda lebih menyenangkan, pilih situs atau aplikasi pembelian token listrik dan cek tagihan yang akurat.

Lihat bagaimana reputasi situs dan aplikasi tersebut. Jika citra yang mereka miliki positif. Terapkan cara cek tagihan listrik pascabayar yang telah disebutkan di atas dan bayarlah tagihannya via situs tersebut.