PLN atau Perusahaan Listrik Negara memiliki peranan yang penting bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Perusahaan ini bertugas memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Indonesia. Tanpa adanya listrik yang disediakan oleh PLN, kita tidak dapat menggunakan barang-barang elektronik di rumah dan mendapatkan penerangan yang memadai. Berbicara mengenai PLN, perusahaan ini menyediakan 2 jenis layanan listrik kepada masyarakat. Kedua layanan listrik tersebut disebut dengan layanan PLN pascabayar dan prabayar. Meskipun sama-sama berkaitan dengan energi listrik, kedua layanan memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan antara kedua layanan dapat dilihat melalui cara mendapatkan daya listrik dan metode pembayaran tagihan listrik. Untuk mengenal lebih jelas akan perbedaan kedua layanan PLN, simak ulasannya di bawah ini.

Layanan PLN Pascabayar dan Layanan PLN PrabayarPLN pascabayar merupakan layanan listrik yang pembayarannya hanya dapat dilakukan setelah kita menggunakan daya listrik. Daya listrik yang telah kita gunakan saat ini akan dibayarkan di bulan yang akan datang. Besar tagihan akan berbeda setiap bulannya tergantung pada daya listrik atau kWh yang telah digunakan. Pembayaran tagihan listrik dapat kita lakukan melalui bank atau loket pembayaran. Layanan listrik pascabayar memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang dimiliki oleh layanan listrik ini adalah jumlah daya listrik yang selalu sedia hingga tenggang waktu pembayaran listrik pada akhir bulan. Kita juga tidak perlu membeli token listrik ketika menggunakan layanan listrik pascabayar. Untuk kelemahannya sendiri, penggunaan tenaga listrik dapat melampaui batas. Kita juga akan dikenakan denda atau pemutusan arus listrik jika kewajiban membayar tagihan listrik tidak kita lakukan sebagaimana semestinya. Karena kinerja petugas yang harus melakukan pengecekan meteran listrik, privasi kita dapat terganggu.

Berbeda dengan PLN pascabayar, layanan listrik prabayar harus melakukan pembayaran sebelum kita memanfaatkan daya listrik yang dibutuhkan. Layanan listrik prabayar sering kali disebut dengan listrik pintar karena pelanggan dapat mengendalikan penggunaan daya listrik dan jumlah biaya pengeluaran. Selama menggunakan layanan ini, kita tidak membutuhkan meteran analog. Meteran digital menjadi alat penting yang digunakan sehingga kita dapat memasukkan kode pengisian token. Sistem layanan PLN ini serupa dengan penggunaan pulsa prabayar. Kelebihan dari layanan listrik prabayar adalah dapat melakukan pengontrolan penggunaan listrik, dapat menyesuaikan daya listrik dengan anggaran, memiliki sistem rahasia berupa 20 buah angka yang hanya dapat dimasukkan ke meteran pribadi, tidak akan terjadi kesalahan pencatatan meteran yang dilakukan oleh petugas dan tidak akan mengalami denda biaya keterlambatan. Kekurangan dari layanan listrik prabayar antara lain:

  1. Meteran listrik yang mudah rusak.
  2. Sering mengalami masalah ketika membeli token. Masalah tersebut dapat berupa jaringan internet yang bermasalah sehingga kita harus menunggu sementara waktu agar mendapatkan daya listrik yang dibutuhkan.
READ  Cek Tagihan Listrik Batam dan Keuntungan Pasang Stabilizer